Sabtu, 25 Februari 2012

Buat Neraca Keuangan Yuk...

Nah, sebelumnya kita udah belajar buat mutaba'ah yaumiyah. udah pada  buat belum? :-)
Sekarang kita belajar buat neraca keuangan yuks!!!

Neraca keuangan disini adalah sebuah daftar pemasukan dan pengeluaran yang kita lakukan secara pribadi. Gunanya untuk apa?
Neraca keuangan ini berguna untuk melihat apakah pemasukan pengeluaran kita seimbang atau malah besar pasak daripada tiang.
Neraca keuangan ini dievaluasi setiap sebulan sekali. Dihitung total pemasukan kita berapa dan total pengeluaran kita berapa? Nah, liat deh keuangan kita surplus apa defisit? :-D

Dengan membiasakan diri membuat neraca keuangan ini, maka ketika sudah menikah kita bisa mengelola keuangan keluarga dengan baik (terutama bagi akhwat).
Karena beberapa saat yang lalu, saya membaca blog seorang teman yang sudah menikah. Di blog tersebut dia mengatakan bahwa ketika sudah menikah, mau tak mau seorang istri itu harus menjadi bendahara bagi keluarganya, karena semua pemasukan dan pengeluaran keluarga istrilah yang mengatur.

Nah, oleh karena itu kita belajar membuat neraca keuangan dari sekarang yuks... apalagi bagi yang belum menikah, penting itu. Bagi yang sudah menikah, tidak ada kata terlambat untuk membuatnya, karena mudah-mudahan dengan adanya neraca keuangan, membuat urusan keuangan rumah tangga lebih tertata (hehe..kayak udh pengalaman aja ya??? :-D)

Bentuk neracanya terserah kita, yang penting kita ngerti dan paham dari neraca keuangan yang kita buat. Tapi, lebih baik klo dibuat per bulan. karena klo per minggu terlalu cepat, klo per tahun terlalu lama.

Selamat Mencoba!!!
Oh ya untuk contoh bagaimana bentuk neraca keuangan yang sederhana, postingannya menyusul ya...:-) 

1 komentar: