Sabtu, 10 Maret 2012

Manfaat Mandi

Di tulisan kali ini, saya akan membahas manfaat mandi, kenapa kepikiran membahas ini? karena beberapa hari yang lalu dikarenakan sakit saya dilarang mandi, padahal sebenarnya kata dokternya gak apa-apa. Selain itu, waktu SMA saya punya teman yang bisa dibilang jarang mandi, saya kurang tahu sih alasannya apa tapi katanya dia malas. dan ada lagi adik kelas saya dikuliah yang juga malas mandi, klo ini alasannya karena untuk menghemat air katanya, karena dia bilang di daerah asalnya air bersih susah dicari.


Nah, pas saya search di google, ternyata selain untuk membersihkan dan menyengarkan tubuh, ternyata mandi juga bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, bahkan bisa juga untuk menyembuhkan masalah medis yang serius.

Ini beberapa manfaat mandi berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan,

1. Untuk Penderita Diabetes
    Ternyata ya, jika penderita diabetes berendam setengah jam di dalam bak air hangat itu dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13%. So, bagi yang gula darahnya tinggi sering-sering berendam air panas ya!!! :-D

2. Untuk Kesehatan Jantung
    Dengan berendam 10 menit dalam air hangat, ternyata dapat memperbaiki kesehatan jantung kita loh.

3. Untuk Penderita Eksema
    Eksema adalah peradangan kronik kulit yang kering dan gatal. Untuk penderita penyakit kulit eksema, ruam, gatal-gatal dapat menambahkan baking soda ke dalam Bak mandi karena berdasarkan penelitian baking soda itu bisa bertindak sebagai antiseptik (selain untuk buat kue).Caranya, isi bak air dengan air hangat, tambahkan kira-kira satu sendok baking soda dan aduk sampai rata. dan mulailah berendam selama 10-20 menit ya...:-D

4. Untuk Infeksi
    Untuk infeksi kayak sariawan dapat menambahkan 3 atau 4 cuka sari buah apel ke dalam air hangat dan berendamlah selama 15-20 menit. Dan ternyata ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka itu dapat menyeimbangkan kembali asam dalam tubuh.

5. Untuk Flu dan Sakit Kepala
    Untuk menyembuhkan flu dan sakit kepala dapat dilakukan dengan merendam kaki ke dalam air hangat. Masukkan air hangat secukupnya dalam bak mandi sampai menutup kaki dan pergelangan kaki, tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai bilas dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

6. Untuk Penderita Insomnia
    Untuk penderita insomnia atau yang memiliki masalah dalam tidur dapat merendam kaki dalam air dingin. Masukkan kaki sampai merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, dan sembelit.

7. Untuk Memudahkan Sirkulasi
    Jika mengalami masalah sirkulasi maka cobalah dengan merendam kaki selama 1 atau 2 menit dalam air hangat, kemudian 30 menit selanjutnya dalam air dingin. Kemudian rendam lagi dalam air hangat selama 15 menit, kemudian selesaikan dengan air dingin.

Nah di bawah ini ada beberapa manfaat dan petunjuk mandi yang sehat, DIBACA yaaa....

- Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat celcius dapat membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan racun. Selain itu juga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik.

- Lamanya mandi dianjurkan selama 10-20 menit. dan ternyata air dingin dapat menghilangkan stress, karena dapat meredakan ketegangan pikiran, dan dianjurkan denagn temperatur 12-18 derajat celcius.

- Nah, hal di atas kebalikan dengan air hangat karena akan mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Oleh sebab itu, penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mandi dengan air dingin.

So, jangan malas mandi yaaa...minimal 1 kali sehari lah, tapi kalau bisa biasakan 2 kali sehari agar tubuh makin sehat dan bersih....:-D

SEMOGA BERMANFAAT!!!!!

Wallahu'alam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar