Rabu, 14 Maret 2012

Makna sebuah kalimat

Astagfirullah...
Hari ini saya kembali diingatkan akan pentingnya berpikir sebelum berbicara.
Karena, kita tidak pernah tau, kata-kata atau kalimat kita yang mana yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

Mungkin ketika berkata kita menganggap itu hanya bercanda, tapi kita tidak tahu apakah orang yang mendengar kalimat dari kita menganggap itu juga sebuah candaan atau serius, sehingga bisa saja orang tersebut tersinggung atau tersakiti hatinya karena kalimat yang keluar dari mulut kita, sebab bisa saja makna kalimat yang kita keluarkan ditangkap berbeda oleh orang yang mendengarkan.

Karena sangat bahaya nya suatu kalimat yang keluar dari mulut kita, makanya banyak hadist dan pepatah yang membahas tentang pentingnya menjaga lidah. Karena, setiap kalimat yang keluar dari mulut seorang manusia itu akan ada pertanggungjawaban nya kelak di akhirat. Dan semua kalimat yang sudah keluar tidak akan bisa ditarik kembali karena itu kenapa ada pepatah yang mengatakan bahwa "Lidah tak bertulang".
Allah SWT berfirman,

"Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat)." (QS. Qaf: 18)


Ya Allah....
Ampuni kami yang masih sering mengeluarkan perkataan tidak berguna,
Ampuni kami yang masih sering mengatakan hal yang dapat menyinggung perasaan orang lain,
Dan Ampuni kami yang masih sering membicarakan kejelekan orang lain, sedangkan kejelekan diri sendiri tidak pernah disadari.

AYO KAWAN, MARI kita bersama-sama mencoba untuk,
- Berpikir sebelum berkata
- Berkata dengan kalimat-kalimat yang bermanfaat, dengan kata-kata dzikir dan kata-kata yang bisa mengingatkan kepada Allah SWT.
- Mengurangi perkataan yang dapat menyinggung perasaan orang lain
- dan Mengurangi membicarakan kejelekan orang lain

Mudah-mudahan kita menjadi orang yang bisa mensyukuri semua apa yang diberikan Allah dengan cara menggunakan apa yang diberikanNya sesuai dengan keinginanNya.

Wallahu'alam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar